Jumat, 14 September 2012

Bumi Ageung Purwakarta

Bumi Ageung dibangun dalam proses perpindahan ibu kota Kabupaten Karawang dari Wanayasa ke Sindangkasih (Purwakarta). Dapat dipastikan bangunan itu didirikan oleh penduduk Distrik Sindangkasih atas perintah Bupati Karawang, R.A. Suriawinata (Dalem Solawat). Bangunan itu didirikan setelah bupati menetapkan sebagian lahan Sindangkasih akan dibangun menjadi ibukota baru Kabupaten Karawang (paruh pertama tahun 1830).
Selama kota Purwakarta dan pendopo dibangun, Bupti R.A. Suriawinata beserta keluarga tinggal di Bumi Ageung yang difungsikan sebagai pendopo sementara. Bangunan itu sampai sekarang masih berdiri. Mengapa bangunan itu disebut Bumi Ageung, belum diperoleh informasi yang akurat. Boleh jadi karena bangunan itu – walaupun untuk sementara waktu – digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus kantor bupati. Berapa lama Bumi Ageung berfungsi sebagai pendopo sementara, belum diketahui. Mungkin tidak ada dokumen yang mencatat tentang hal itu.
            Setelah kota Purwakarta diresmikan dan pendopo selesai dibangun, Bupati R.A. Suriawinata beserta keluarga pindah ke pendopo. Namun sangat disayangkan, sumber yang menyatakan kapan tepaynya pendopo selesai dibangun, belum ditemukan, bahkan mungkin tidak ada.
Apa fungsi Bumi Ageung selanjutnya, belum diketahui. Diduga, setelah bupati pindah ke pendopo, Bumi Ageung digunakan sebagai tempat tinggal patih kabupaten atau fungsi lain dalam aktivitas pemerintahan kabupaten. Apabila dugaan itu benar, boleh jadi hal itu berlangsung sampai berkahirnya masa pemerintahan Hindia Belanda (awal 1942).
            Sangat disayangkan, data yang menunjukkan fungsi Bumi Ageung pada masa pendudukan Jepang (1942-1945) dan masa-masa selanjutnya, belum ditemukan. Namun demikian, bangunan tersebut jelas memiliki nilai sejarah, karena fungsinya dalam proses pendirian kota Purwakarta dan sebagai “saksi bisu” perjalanan sejarah kota Purwakarta sampai sekarang.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum,bapak apakah mungkin bapak tau dimanakah letak bangunan bumi ageung ini ? Mohon jawabannya, saya sedang membutuhkan informasi ini ;) terimakasih. Wassalam

    BalasHapus