Jumat, 14 September 2012

Potensi Air Panas Ciracas


                         Air Panas Ciracas terletak di Desa Ciracas Kecamatan Kiarapedas atau sekitar  30 km dari Kota Purwakarta. Lokasinya di kaki bukit yang dikelilingi oleh pepohonan, pematang sawah dengan hamparan yang cukup luas menggambarkan nuansa alam pedesaan.  Pada bagian utara tampak panorama alam yang indah  serasa menyatu dengan nafas kehidupan masyarakat
                          Di tempat ini terdapat sekitar 12 titik sumber mata air panas (hot spring), beberapa di antaranya berlokasi di pematang sawah milik masyarakat.   Menurut keterangan masyarakat setempat, mandi di sumber air panas alam tersebut di samping dapat memberikan kesegaran jasmani juga dapat memberikan penyembuhan untuk pengobatan penyakit kulit, rematik, pegal-pegal dan lain sebagainya.
                        Saat ini, walupun tempat tersebut belum dikelola secara komersial, tetapi telah  mendapat kunjungan, terutama pengunjung yang berasal dari daerah Karawang, Subang dan Purwakarta sendiri.
                         Dilihat dari potensi wisata yang ada, bentuk pengembangan pariwisatanya lebih sesuai kearah  Country Side Tourism .Untuk itu diperlukan fasilitas wisata seperti halnya sarana kebutuhan untuk mandi (bath) berjemur (basking) menginap (home stay atau pondok wisata)
                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar